Diposkan pada Tanpa kategori

MEDIA & PERKEMBANGAN GENDER ANAK

PROLOG : 

Kesadaran identitas jenis kelamin ( gender identity ) adalah kesadaran anak tentang konsep peran pria dan wanita dalam kehidupan. Perkembangan peran jenis kelamin pada anak dipengaruhi oleh sejumlah faktor, diantaranya: 

1. Faktor biologis. Perbedaan anatomis dan hormon antara pria dan wanita menyebabkan perbedaan psikologis diantara mereka.

2.Faktor sosial. Anak mempelajari peran jenis kelamin melalui peniruan dan observasi terhadap perilaku orang lain.

3. Media massa. Pesan yang disampaikan oleh media massa memiliki pengaruh terhadap perkembangan peran seks.

4.Pengaruh perkembangan kognitif. Seiring dengan perkembangan kognitifnya, anak terus didorong untuk tetap konsisten berperilaku sesuai dengan peran jenis kelamin yang ada di benaknya. 
Konten Negatif Media Dalam Perkembangan Anak : 

https://www.hipwee.com/feature/setelah-filmnya-kini-serial-kartun-disney-juga-tampilkan-keluarga-lesbian-dua-ibu-dan-anak-anaknya/

http://inews27.blogspot.co.id/2016/02/sasaran-lgbt-indonesia-mulai-dari-anak.html

Media seperti dua sisi mata pedang dalam perkembangan anak. Ada sisi positif, dan ada sisi negative. Keduanya harus dimanfaatkan oleh orgtua dengan baik. 

Sisi Positifnya jika edukasinya tepat ,anak dapat memegerti indentitas seksualnya. Mengenali peran seksual yg ada pada dirinya. Mengajarkan anak utk melindungi dirinya dari kejahatan seksual.

Sisi negatfnya, anak dapat mengakses tanpa filter, sehingga terjadi kecenerungan penyimpangan seksual.
Oleh karena itu, orangtua wajib menjadi polisi dalam akses media ini. Teruatama anak yang belum aqil baligh. Sedanngkan anak yang sudah baligh, tindakan preventifnya adalah dengan cara pembekalan aqidah yang baik. Disitulah peran ayah/ ibu diharapkan. 
#day3

#kuliahbunsayiip

#gamelevel 11

#bunsayiip 

Penulis:

Hai..hai...panggil saya Shofi. Orang - orang terdekat saya (terutama keluarga) memanggil saya evi. Eviro adalah singkatan dari evi dan robby, nama teman hidup saya ^^. Saya ummi dari Syifa dan Khansa. Hobby desain dan ngasuh anak (wajib itu mah ya..hehe). Menulis untuk mengikat ilmu yang berseliweran di kepala. Mudah - mudahan ada manfaat yang bisa diambil ^^

Tinggalkan komentar